Mobile Klinik: Risiko Penularan HIV/AIDS di Tengah Masyarakat

Categories: Uncategorized

HIV/AIDS masih menjadi permasalahan kesehatan secara global dan sudah ditanggulangi sejak lama yang menjadi salah satu target dalam MDGs untuk mengakhiri epidemic AIDS pada tahun 2030.

Yayasan Rama Sesana juga memberikan layanan yang sama melalui edukasi dan pemeriksaan untuk skrining HIV/AIDS dengan mengjangkau langsung masyarakat di desa – desa terpencil di Bali dengan melakukan Mobile Klinik.

Semua masyarakat yang datang diberikan edukasi. Mereka pun dengan sangat antusias mendengarkan edukasi yang kami berikan karena sebelumnya mereka tidak pernah didatangi langsung, mendapat informasi secara langsung, bahkan ada yang tidak pernah mendengar tentang HIV. Sebagian dari mereka tahu HIV dari desas-desus di masyarakat yang tidak tau kebenarannya.

Setelah mendengarkan edukasi yang diberikan, mereka mulai mengerti dan paham bahwa setiap orang bisa berisiko terkena HIV jika berperilaku yang berisiko. Dalam satu kesempatan, saat kami melakukan Mobile Klinik, terdapat 20 orang yang melakukan tes VCT untuk mengetahui status kesehatannya.

#mobileclinic

#impactmobileclinic

#skriningHIVAIDS

#AyoTestVCT

#yrsbali

#YayasanRamaSesana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.